-->

Kamis, 11 Februari 2010

Altenatif Air Bersih

Air minum dalam kebutuhan rumah tangga saat ini kebanyakan disterilkan dengan cara dimasak atau direbus hingga mendidih. Atau praktisnya lagi, sebagian rumah tangga memenuhi kebutuhan air bersihnya dengan membeli air mineral dalam galon.

Ada sebuah cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan air minum yang layak untuk dikonsumsi tanpa harus direbus ataupun membeli dalam kemasan.


  1. Jemurlah air bersih (tidak bewarna dan berbau) di bawah terik matahari selama 12 jam. Menjemur dapat membunuh kuman dan bakteri yang adadi dalam air tersebut.
  2. Menggunakan bahan kimia, yaitu klorin. Klorin dapat dibeli di pasaran dengan harga yang terjangkau. 100 ml klorin dapat membersihkan 650 liter air. Namun jika menggunakan klorin, airnya akan berbau klorin. Dan untuk menghilangkan bau klorin ini. diamkan air tersebut selama kurang-lebih selama satu malam, dan klorin akan menguap, sehingga baunya hilang.
  3. Menggunakan keramik filter. Cara ini sebenarnya sudah banyak diketahui dan di ajarkan pada pelajar tingkat SD dan SMP. Alat yang digunakan yaitu berupa keramik berdiameter kira-kira 25 cm dan tinggi 30 cm. Fungsi keramik ini yaitu menyaring kuman yang terkandung di dalam air.
Jadi, air bersih tak harus didapat dengan cara memasak yang membutuhkan bahan bakar yang harus dihemat saaat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar Anda