-->

Rabu, 26 Mei 2010

Berapa Lama Anda Berhadapan Dengan Monitor?

Sebagian besar orang kantoran, mahasiswa, dan pelajar bisa dikatakan pasti berhadapan dengan monitor menyala setiap harinya. Dan tentunya monitor yang menyala ini akan membuat mata kita lelah, nyeri punggung, bahu dan leher. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kelelahan mata saat fokus menatap monitor.

1. Bekerjalah di dalam ruangan yang cukup cahaya.
Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja Anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Dan jangan pula bekerja di ruangan yang terlalu gelap, karena hal ini juga akan merusak mata anda.

2. Gunakan filter monitor.
Seperti yang telah banyak kita ketahui bahwa filter pada monitor dapat mengurangi jumlah cahaya yang akan sampai langsung ke mata yang dapat merusak mata.

3. Periksa monitor.
Pastikan monitor yang Anda gunakan berada dalam kondisi baik, sehingga dapat bekerja secara normal dan maksimal. Jika terjadi hal yang aneh pada komputer anda, seperti layar berkedip-kedip, buram dsbg, segeralah perbaiki. Juga sering-seringlah bersihkan debu yang menempel pada monitor.

4. Perhatikan posisi monitor.
Letakkan layar monitor hingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus Anda. Selain agar tidak melelahkan mata, hal ini juga untuk mengantisipasi kram pada bagian tubuh anda, terutama pada leher dan bahu.

5. Tampilan pada monitor harus sesuai.
Segala bentuk yang ditampilkan pada monitor harus sesuai dengan mata anda, jangan menggunakan font yang kecil, sehingga membuat Anda kesulitan dalam membaca.

6. Istirahatkan mata Anda.
Jangan kucek-kucek mata Anda. Namun, sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata Anda tetap basah dan sejuk. Dan jika Anda terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan Anda ke arah yang jauh. Lakukan selama beberapa menit setiap 30 menit.

Artikel Terkait : Merawat Memaksimalkan PC

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar Anda