-->

Kamis, 08 Juli 2010

Nikmati Kegagalan

Setiap orang pernah merasakan kegagalan, namun setiap orang memiliki tingkat yang berbeda akan dampak dari kegagalannya. Kegagalan besar terkadang membuat seseorang menjadi putus asa. Hingga tak jarang sebagian dari mereka melakukan hal yang diluar akal sehat untuk melampiaskan kekecewaan atas kegagalannya. 

Menikmati kegagalan bukanlah hal yang gampang, namun bukan juga hal yang sulit. Semua tergantung pada orang yang menjalaninya. Kegagalan terkadang membuat seseorang seakan menemui akhir hidupnya. Hal inilah yang membuat Ia sulit untuk bangkit. Jika mendapatkan sebuah kegagalan, hal pertama yang difikirkan janganlah keputusasaan, melainkan sebuah kebangkitan. Anggaplah hidup ini masih sangat panjang, sehingga kita juga beranggapan masih banyak hal yang dapat kita diperjuangkan untuk memperbaikinya.

Jika Anda menemukan sebuah kegagalan, biarkan diri Anda sejenak merenung dan meresapi apa yang tengah terjadi pada diri Anda. Dan setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda pada saat seperti ini, namun semakin cepat proses ini selesai, maka semakin cepat pula Anda dapat mulai bangit dari kegagalan Anda. Setelah itu bayangkan sebuah hari cerah, indah di suatu saat setelah anda melewati dan menyelesaikan masalah terkait pada  kegagalan itu. Dengan berfikir positif seperti ini tentu Anda akan memiliki sebuah pengaharapan baru yang mungkin juga menjadi sebuah awal kebangkitan dalam hidup kita setelah kegagalan tadi.

Tidak semua orang mau mengetahui apa penyebab kegaglannya, sehingga terkadang Ia mendapati kegagalan yang sama di kemudian hari. Intropeksi adalah hal yang sangat penting untuk membuat hidup menjadi lebih baik. Carilah penyebab kegagalan pada diri kita sebelum mencarinya pada orang lain. Karena kitalah yang menjalani hidup kita, bukan orang lain.


Oleh : Raditya Ekaputra

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar Anda