-->

Kamis, 21 Januari 2010

Kendala Pendidikan Komputer Indonesia

Perkembangan akan sains dan teknologi di Indonesia seharusnya dapat membuat bangsa ini menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Namun, karena terdapat beberapa kekurang di beberapa sector, membuat kemajuan sains dan teknologi tersebut belum mampu mendongkrak bangsa ini menjadi lebih baik sepenuhnya.

Tanggung jawab di sektor pendidikan di indonesia saat ini yaitu mempersiapkan siswa untuk mengahadapi tantangan-tantangan dalam masyarakat yang sangat cepat perubahannya. Salah satu dari tantangan yang dihadapi oleh para siswa adalah menjadi pekerja yang bermutu. Kemampuan berbicara dalam bahasa asing dan kemahiran komputer merupakan dua kriteria utama yang pada umumnya diajukan sebagai syarat untuk memasuki lapangan kerja di Indonesia bahkan dunia. Mengingat sekitar 40 % dari lulusan SMA di Indonesia melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi, dan dengan adanya komputer yang telah merambah di segala bidang kehidupan manusia, maka dibutuhkan suatu tanggung jawab yang besar terhadap system pendidikan untuk meningkatkan kemampuan dan kemahiran komputer bagi para siswa kita, demi mewujudkan Bangsa Indonesia yang mampu bersaing dan hingga akhirnya disetarakan dengan negara-negara maju lainnya

Untuk menunjang pendidikan yang baik, memang diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung. Komputer merupakan sebuah benda yang ditimbulkan akibat kemajuan teknologi, dan komputer sangat membantu perkembangan pendidikan terutama di Indonesia sebagai Negara yang masih berkembang.

Sebagian besar sekolah di Indonesia belum memiliki fasilitas komputer yang lengkap dan memenuhi syarat.Karena biaya yang diperlukan untuk mempersiapkan belajar komputer sangatlah mahal.

Dalam menghadapi masalah ini, beberapa sekolah swata menjalin hubungan
dengan masyarakat sekitar untuk menyumbang dan membangun fasilitas dasar
komputer.

salah satu masalah terbesar dalam pengenalan teknologi ke sekolah-sekolah di
Indonesia secara berkesinambungan.
Hanya sedikit sekolah yang berada di lingkungan makmur memiliki fasilitas komputer yang lengkap, dan jumlahnya jauh berbeda dengan sekolah yang berada hampir di setiap pelosok tanah air yang fasilitas komputernya sangat minim. bandingkan saja sebuah SMA yang berada di Kota Yogyakarta dengan SMA yang berada di daerah Musi Rawas (Sum-Sel). Kelengkapan sarana komputernya memang jauh berbeda.

selain dana yang menjadi faktor penyebab kurangnya kemajuan siswa kita di bidang komputer, tenaga ahli yang ada dan mau membagi ilmunya di tanah air ini juga sangat minim. Memang tak sedikit ahli komputer di negara kita rela meninggalkan kehidupan modernnya di kota dan hijrah ke daerah terpencil untuk membagikan sedikit ilmunya kepada siswa-siswi kita yang berada di daerah terpencil. Tetapi jumlah itu belum mampu mencukupi jumlah tenaga ahli yang dibutuhkan bangsa ini.

Semua ini menjadi masalah kita bersama. Karena akan jadi apa bangsa ini
kedepan, sebagian besar berpengaruh pada kita, khususnya generasi muda
yang akan melanjutkan kehidupan di semua sektor bangsa ini. Dan demi mewujudkan bangsa indonesia yang lebih baik sesuai dengan cita-cita bangsa.




0 komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar Anda